Kamis, 17 Mei 2012

UPAYA MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR BAGI ANAK-ANAK WARGA DESA KALISARI

Abstrak

Pendidikan adalah salah satu fenomena yang fundamental atau asasi dalam kehidupan manusia. Kita dapat mengatakan, bahwa dimana ada kehidupan manusia, bagaimanapun juga disitu ada pendidikan (Dyarkaya,1980:32).Disamping itu dengan melalui pendidikan manusia juga berpikir untuk bagaimana cara mereka mendidik para penerusnya untuk melaksanakan kehidupan. Pemerintah Indonesia sendiri telah cukup banyak mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang tujuan nya ialah meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia.
Namun dirasa berbanding terbalik saat pemerintah menginginkan kemajuan kualitas masyarakat Indonesia melalui dunia pendidikan ternyata masih banyak masyarakat khususnya orang tua yang beranggapan bahwa pendidikan bukanlah sebuah hal yang penting yang akhirnya sedikit banyak mempengaruhi semangat belajar anak-anaknya. Hal ini  mungkin disebabkan oleh kurangnya perhatian pemerintah didalam dunia pendidikan, ketidak pedulian orang tua terhadap pendidikan anaknya, dan taraf ekonomi serta pendidikan keluarga. Sadar dengan keadaan yang memprihatinkan tersebut maka kami membuatsuatukegiatan yang kami berinama“JAMPEN (Jambore Pendidikan) sebagai upaya menumbuhkan minat belajar bagi anak dan warga desa Kalisari Magelang Jawa  Tengah”. Sehingga dapat dijadikan suatu usaha untuk mencegah serta mananggulangi keadaan-keadaan yang dapat mempengaruhi semangat belajar bagi anak-anak.
Adapun tujuan dari kegiatan ini ialah dapat membuka wawasan para orang tua mengenai pendidikan  sehingga dapat lebih peduli terhadap pendidikan anaknya dan memotivasi anaknya untuk giat belajar, selain itu dapat menumbuhkan semangat belajar bagi anak-anak serta para remaja.
Kegiatan dilaksanakan dalam format kampanye sosial karena menurut kami sangat relevan untuk diterapkan pada masyarakat sasaran dengan berbagai macam karakter dan latar belakang pendidikan. Pelaksanaan dilakukan dalam 3(tiga) tahap yaitu Pra kegiatan, pelaksanaan penyuluhan, dan pasca penyuluhan.
Hasil dari kegiatan ini ialah terbentuknya masyarakat khususnya anak-anak yang memiliki semangat serta minat belajar yang tinggi dan lebih mengutamakan pendidikan, selain itu dengan kegiatan ini juga para orang tua dapat memotivasi anak untuk giat belajar .

Key word: Jambore pendidikan - Semangat belajar – Prestasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar